Diet dan Matematika – I

Banyak sekali tawaran obat-obatan untuk diet yang katanya dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Padahal kita juga tahu bahwa sesuatu yang instan itu bisa jadi tidak baik untuk tubuh. Ada juga yang melakukan diet dengan cara tidak makan nasi dan juga karbohidrat lainnya. Padahal setiap kali kita makan karbohidrat, maka tubuh akan memecahnya menjadi tiga bahan bakar: glikogen, glukosa, dan lemak. So, enggak makan karbohidrat, sama saja kaya enggak ngisi bensin untuk tubuh kita. Nah, gak banyak orang yang tahu bahwa diet yang sukses itu ternyata bergantung pada jumlah kalori yang masuk dengan jumlah kalori yang keluar. Satu kalori energi panas adalah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1^{o} C, jadi jika kita mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada pengeluarannya selama periode waktu tertentu, maka tubuh akan membakar lemak sehingga mampu menurunkan berat badan.ngebakar lemak.JPG

Ternyata setiap orang membutuhkan kalori dengan jumlah yang berbeda-beda loh, bergantung pada umur, jenis kelamin, tinggi badan, dan lainnya. Tabel di bawah ini menunjukkan banyaknya kalori yang dibutuhkan oleh kita setiap harinya:

jumlah kalori yang dibutuhkan
Sumber: webmd.com

Aktivitas fisik sedentary (sangat ringan) adalah aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan dan cenderung menetap. Kategori moderately active adalah aktivitas normal sehari-hari ditambah latihan fisik yang setara dengan berjalan 1,5 mil – 3 mil. Sedangkan kegiatan yang tergolong active adalah aktivitas harian ditambah aktivitas fisik yang setara dengan berjalan 3-4 mil.

Untuk mengetahui jumlah kalori harian yang dibutuhkan, kita dapat menghitungnya dengan rumus Harris-Benedict berikut:

Perempuan: 655+(4,35\times berat)+(4,7\times tinggi)-(4,7\times umur)

Laki-laki: 66 + (6,23\times berat) + (12,7\times tinggi) - (6,8\times umur)

dengan berat dalam pound, tinggi dalam inci, dan umur dalam tahun. Setelah mendapatkan hasilnya, kemudian kalikan dengan tingkat aktivitas yang sesuai sebagai berikut:

Sedentary: 1,2

Moderate Activity: 1,55

Active: 1,725

Hasil akhir perhitungannya merupakan jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari.

Kembali ke masalah diet, salah satu faktor bertambahnya berat badan kita dikarenakan jumlah konsumsi kalori harian, katakanlah K kalori per hari yang lebih besar daripada jumlah pengeluaran energi hariannya. Rata-rata seseorang mengeluarkan energi sebesar 40 kalori/kg (kalori per kilogram berat badan) tiap harinya. Jadi jika berat badan kita sebesar A kilogram, maka kita dapat menghabiskan 40A kalori. Jika jumlah kalori harian yang kita konsumsi K=40A, maka berat badan kita tidak akan naik ataupun turun. Berat badan akan menaik atau menurun secara berturut turut jika memenuhi K>40A atau K<40A.

Nah, sekarang timbul pertanyaan, seberapa cepat berat badan kita akan menaik atau menurun? mari kita buat model matematika untuk menjawabnya! Tentunya, di postingan yang akan datang 😀


Referensi:

Berapa Kebutuhan Kalori Harian Anda?. Panduan Hidup Sehat. Diakses 14 Maret 2018. [http://panduanhidupsehat.com/berita-sehat/berapa-kebutuhan-kalori-harian-anda/]

Sumber Gambar:

http://clipart-library.com/clipart/dc9rEXqqi.htm

Iklan

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s