Superelips di Kota Stockholm

Salah satu aplikasi dari superelips dapat kita temukan di dalam masalah konstruksi bangunan. Contohnya pada konstruksi bundaran di persimpangan jalan kota Stockholm. Sekitar tahun 1959, kota Stockholm, ibu kota Swedia, sedang dibangun kembali setelah usai Perang Dunia II. Ada dua tempat besar yang dibangun sehingga kedua tempat tersebut berpotongan di jantung kota yang bernama Sergel. Namun tampaknya tempat ini menimbulkan masalah baru bagi para arsitektur dan perencana kota pada saat itu. Mengapa demikian?

sergels torg.jpg

Mereka berencana membangun sebuah bundaran di persimpangan jalan tersebut, namun ternyata wilayah Sergel tidak berbentuk persegi sempurna, melainkan lebih menyerupai persegi panjang. Masalah yang muncul kemudian adalah, harus berbentuk apa bundaran yang akan dibangun nanti? apakah sebuah lingkaran?

stock 1.JPG

Hmm.. bentuk lingkaran sepertinya bukan solusi yang bagus, sebab masih menyisakan ruang kosong yang begitu besar. Bagaimana jika berbentuk elips?

stock 2.JPG

Ini pun bukan ide yang baik, sebab jalur lalu lintas (yang diberi tanda merah) terlalu sempit. Pasti menimbulkan kemacetan di sekitarnya. Perasaan putus asa mulai menghantui para perencana kota tersebut, hingga akhirnya satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendatangkan seorang matematikawan. Dialah Piet Hein, seorang matematikawan sekaligus desainer berkebangsaan Denmark, yang kemudian memberikan solusi bentuk bundaran berupa suatu superelips. Tujuan awal kita adalah membuat bundaran dengan bentuk menyerupai persegi panjang untuk memenuhi ruang kosong di Sergel, namun dengan sedikit bentuk melingkar di setiap sudutnya demi kelancaran arus lalu lintas. Jadi bentuk superelips dirasa memenuhi semua kriteria tersebut.

stock 4.JPG

Kini, bundaran di kota Stockholm lebih dikenal dengan nama Sergels Torg atau Sergel’s Square, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Persegi Sergel. Sejak saat itu, superelips menjadi sangat populer di dunia arsitektur, mebel dan desain grafis, terutama pada bentuk ikon beberapa aplikasi iOS yang masih kita gunakan hingga saat ini.

*Foto bundaran di kota Stockholm saat ini

stock 3.jpg


Sumber Pustaka

Superegg. Chalkdust. Diakses 19 Juli 2018. [http://chalkdustmagazine.com/blog/superegg/]

Sumber Gambar

Piet Hein [http://www.genicap.com/genicap-our-mission/circles-and-supercircles/piet-heins-superegg/]

Persegi Sergel [https://travel.sygic.com/en/poi/sergel-s-square-poi:1020]

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s